susu formula terbaik

Botol Susu Formula si Kecil Harus Steril

Kali ini kita akan belajar mensterilkan botol susu formula si kecil. Mengapa hal ini sangat penting? Banyak kasus diare yang disebabkan oleh botol susu yang kurang steril. Oleh karena itu, setiap ibu atau pengasuh bayi kita perlu mengetahui teknik mensterilkan botol susu yang benar demi memotong mata rantai masalah diare pada bayi.

Lepaskan Bagian-bagian Botol
Pertama, lepaskan bagian-bagian botol agar mudah mencucinya. Bagian tersebut adalah dot (bagian elastis), kemudian cincin dot, dan terakhir botolnya. Kadang ada produk botol susu yang memakai saringan. Lepaskan juga bagian tersebut.

Cuci Dengan Sabun
Cuci botol susu pengganti ASI dengan sabun. Sikat hingga ke bagian yang sulit terjangkau. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Kalau perlu gunakan klorin atau pemutih pakaian agar kumannya benar-benar mati.

Sterilkan
Ada beberapa pilihan cara mensterilkan botol susu anak. bisa dengna microwave, sterilisator, air dingin, atau air mendidih. Dari pilihan tersebut yang mungkin digunakan secara luas dan aman adalah dengan merebusnya.

Metode perebusan ini diawali dengan mendidihkan air yang kemungkinan dapat merendam keseluruhan botol. Setelah mendidih, botol dimasukkan dan direbus hingga 15 menit. Kemudian ambil dan tempatkan di tempat yang benar-benar bersih. Terkadang cara merebusnya sudah benar, tapi botol susu formula kemudian diletakkan di tempat yang kotor.

Bolehkan Disimpan?
Tentu saja, botol susu yang sudah disterilkan dapat disimpan di tempat yang steril juga. Pisahkan bagian-bagiannya agar tidak menjadi sarang kuman. Ketika mengambil botol yang sudah disterilkan perlu pinset atau seridaknya tangan harus dicuci dulu untuk menghindari infeksi kuman. Si kecil masih sangat rentan sehingg aibu perlu berhati-hati.

Gunakan botol steril sampai buah hati kita berusia 1 tahun. Setelah itu anak harus mulai terbiasa minum dengan gelas. Biasanya setelah usia 1 tahun kekebalan tubuhnya sudah bagus sehingga tidak perlu sterilisasi lagi.

Selain mensterilkan botol, pilihan susu pengganti ASI yang tepat juga berpengaruh pada buah hati. Di Sukamart ada beberapa pilihan susu formula yang dapat anda lihat kandungannya. Jadi, pilihan untuk si kecil selalu tepat.

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *