penyebab mencret

Kuman Penyebab Penyakit Disentri

Kebiasaan makan makanan yang kurang dijaga kesehatannya bisa menimbulkan beberapa penyakit, salah satu penyakit yang bisa timbul adalah penyakit disentri. Orang yang terkena penyakit ini bisa sering buang air besar, jika biasanya buang air besar 1 kali sehari atau 2 hari sekali, ini bisa terjadi 3 kali dalam sehari bahkan lebih. Hal ini bisa terjadi karena feses yang dikeluarkan cukup encer juga disertai dengan lendir dan darah. Penyebab mencret darah ini karena kuman yang menembus dinding kolon dan bersarang dibawahnya.

Pada awalnya penyebab mencret darah atau disentri ini terdiri dari dua jenis yaitu basil sigella spp dan disentri amuba. Tapi sekarang telah ditemukan penyebab lainnya yaitu Shigella spp, Salmonella spp, Campylobacter spp, dan EIEC (Entero Invasive Coli).

Shigella spp

Shigella spp merupakan penyebab terbanyak dari diare invasive jika dibandingkan dengan penyebab yang lainnya. Penyakit ini bisa ditularkan lewat orang ke orang dengan cara orofaecal yaitu kuman masuk ke dalam tubuh seseorang lewa mulut dan kemudian dikeluarkan lewat feses.

Salmonella spp

Penyakit ini berasal dari hewan dan unggas, dan manusia bisa tertular melalui karena makan daging, dari unggas dan telur. Di Negara maju penyakit ini merupakan masalah yang cukup berat, penderita penyakit disentri lebih banyak ditemukan di negara maju dari pada Negara berkembang. Karena masyarakat di Negara maju lebih banyak mengkonsumsi daging, sehingga sangat wajar jika mereka banyak yang terkena penyakit ini.

Campylobacter spp

penyakit ini menular lewat orang ke orang melalui air yang terkontaminasi. Infeksi yang sering terjadi di kalangan kanak-kanak, gejala yang ditimbulkan tidak terlalu berat dan biare yang ditimbulkan biasanya lebih dari 7 hari. Diperkirakan Yang dijadikan reservoir paling potensial adalah unggas dan telur.

EIEC (Entero Invasive Escherichia Coli)

Para peneliti yang berasal dari beberapa Negara seperti Jepang dan Brazil berhasil membuktikan bahwa serotype tertentu dari Escherichia Coli telah berhasil diisolasi dari penderita diare invasive seperti tinja dari penderita anak-anak dan para orang dewasa.

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terjangkit penyakit disentri yaitu dengan menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat tersebut bisa dilakukan dari diri sendiri dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih. Selain itu menjaga lingkungan agar tetap bersih juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *